For More Info. Please Call 021 - 848 5657 or 0813 1085 0038 (Mobile). Thank You

5 Perbedaan Tangki Besi dan Tangki Fiber? Penta Tank

jual tangki angin kompresor, harga tangki angin kompresor, produsen tangki angin kompresor, pressure tank 1000 liter penta tank

5 Perbedaan Tangki Besi dan Tangki Fiber?

Apakah saat ini Anda sedang mempertimbangkan perbedaan tangki fiber dan tangki besi? Sebagai penyimpanan, tangki besi serta tangki fiber adalah jenis yang paling umum digunakan. Namun manakah yang paling baik dari antara kedua jenis tangki tersebut? Keduanya sama-sama baik bergantung dari jenis industri serta kebutuhan masing-masing.

Anda dapat membandingkan kelebihan serta kekurangan dari setiap jenis tangki berdasarkan beberapa sudut pandang dan kebutuhan. Jadi, penilaian akan lebih objektif dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Tidak ada yang mutlak lebih baik, karena pada dasarnya setiap jenis bahan tangki juga memiliki kekurangan.

Untuk keperluan tangki, Penta Tank Herindo menyediakan beragam jenis tangki dengan ukuran mulai dari kapasitas 100 – 10000 liter. Anda dapat memperoleh tangki besi maupun tangki fiber dengan berbagai kelebihan dan keunggulan masing-masing. Lalu apa saja perbedaan tangki besi dan tangki fiber? 

  1. Perbedaan dari Segi Harga Tangki

Jika dibandingkan mengenai harga tangki besi dan harga tangki fiber, tangki fiber memiliki harga yang lebih terjangkau. Jika dibandingkan, mungkin tangki besi berharga 4 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan tangki fiber. 

al tersebut dapat dimaklumi karena bahan besi atau stainless lebih mahal dibandingkan dengan bahan fiber itu sendiri. Sebaliknya bahan dasar utama tangki fiber memang murah. Harganya jauh berada di bawah bahan stainless. 

Bahkan jika dibandingkan dengan bahan mild steel, bahan fiber masih tergolong murah. Tangki fiber juga lebih mudah dipasang dibandingkan tangki besi sehingga menjadi keunggulan tersendiri selain harganya yang memang lebih terjangkau.

  1. Ketahanan Terhadap Bahan Kimia dan Korosi

Ada berbagai jenis dan ukuran tangki fiber. Tangki yang berbahan fiber, HDPE, PE sudah umum dipakai dalam keperluan industri karena sifatnya yang tahan terhadap kimia korosif. Bahan plastik juga dapat menyimpan beragam jenis pelarut. 

Hal itu disebabkan plastik memiliki ketahanan yang baik dan tidak bersifat reactable. Jadi tangki berbahan fiber sudah banyak dipakai terutama karena sifatnya yang tahan dengan bahan korosif. Untuk perbedaan tangki bahan besi, keunggulannya adalah bahannya yang tidak beracun serta aman. 

Namun jika diisi bahan korosif, maka tangki besi tidak disarankan. Jadi tangki besi tidak bisa menyimpan bahan korosif seperti HCl maupun H2SO4. Hal tersebut karena bahan besi akan ikut bereaksi dan berkarat. Sehingga jika menyimpan bahan korosif, tangki fiber lebih disarankan.

  1. Standar Food dan Drug

Perbedaan tangki besi serta plastik dapat dilihat dari ketahanannya dalam menyimpan makanan dan obat-obatan. Keunggulan tangki besi dibandingkan bahan fiber adalah bahan stainless lebih bagus dalam menahan pertumbuhan alga maupun lumut dibandingkan dengan bahan plastik yang lebih rentan. 

Jadi jika digunakan untuk menyimpan bahan obat-obatan atau bahan makanan, tangki besi lebih disarankan. Sedangkan tangki dengan bahan plastik tidak disarankan untuk menyimpan food and drug karena memang tidak distandarkan untuk bahan-bahan tersebut. 

Bahan plastik akan lebih sesuai jika untuk menyimpan bahan baku, bahan jadi atau bahan setengah jadi. Di dalam industri makanan serta farmasi, materi fiber tidak disarankan sebagai penyimpanan karena tidak memenuhi standar yang berlaku. 

  1. Ketahanan terhadap Terkanan

Untuk perbedaan tangki dari ketahanan terhadap tekanan, bisa dikatakan tangki dengan bahan besi lebih unggul dibandingkan dengan tangki bahan fiber. Selain lebih aman, bahan besi memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan tangki berbahan fiber. Tangki besi sudah terstandardisasi dengan baik untuk menyimpan bahan dengan tekanan yang lebih tinggi. 

Produsen tangki fiber sudah mendesain ketahanan tangki fiber hanya sampai 1,5 kali tekanan ruangan. Jadi, tangki fiber hanya cocok untuk melakukan penyimpanan dengan pressure atau tekanan yang tidak tinggi. Jika tekanan terlalu tinggi, maka bisa terjadi crack pada bagian tangki. Tangki fiber bisa pecah dan tidak bisa digunakan kembali.

  1. Mudah Tidaknya Diperbaiki

Keunggulan lainnya dari tangki berbahan besi adalah lebih mudah diperbaiki. Misalkan Anda menemui kebocoran pada tangki stainless, maka tidak perlu jual tangki besi dan ganti yang baru. Tangki besi dapat diperbaiki dan ditambal kebocorannya tanpa mengubah kualitas dari tangki itu sendiri. 

Jadi, bahan operasional serta instalasi tangki besi lebih murah dan mudah dibanding tangki bahan fiber. Sedangkan untuk perbedaan tangki i fiber, kelemahannya adalah hanya bisa digunakan sekali pakai. Jika terjadi kerusakan atau kebocoran, sebagai pemilik Anda tidak bisa memperbaikinya. 

Jadi kemungkinan Anda harus menggantinya dengan tangki yang baru. Bahan fiber tergolong sulit untuk diperbaiki per bagian, jadi jika terjadi kebocoran maka harus ganti dengan yang baru. Kelemahannya cost Anda akan bertambah. Masing-masing jenis tangki memiliki kelebihan serta kekurangan. 

Semua bisa dioptimalkan jika disesuaikan dengan kebutuhan A. Untuk kebutuhan tangki, Penta Tank Herindo menyediakan jenis tangki dengan volume 100 – 10000 liter. Hubungi Ibu Ella di nomor WA 081310850038 dan email: pentatank@gmail.com. Setelah mengetahui perbedaan tangki fiber dan tangki besi, tentukan pilihan Anda sekarang.



Other Articles

Cryogenic Bulk Liquid Oxygen Tank
5 Perbedaan Tangki Filter dengan Media Sand, Carbon, dan Manganese?
5 Keuntungan Menggunakan Sand Carbon Filter Tank
Kenapa Umur Tangki Pressure Penta Tank 5 Tahun, Kenyataannya Bisa Sampai 11 Tahun!?
Apakah Pressure Tank Bisa Meledak?
5 Alasan Perlunya Air Receiver Tank untuk Membantu Mesin Kompresor Angin
Pressure Tank Apakah Sama dengan Air Receiver Tank, Compressor Tank, dan Hydrophore Tank ?
5 Keuntungan Menggunakan Pressure Tank dan Compressor Tank Penta Tank
Apakah Benar Tangki Import China Lebih Bagus daripada Tangki Buatan lokal Penta Tank Herindo ?
Sudah Punya Kompresor? Cari Tahu Berapa Liter Kapasitas Terbaik Tangkinya